find to you..

Senin, 18 Januari 2010

Perkuliahan Tekhnologi Informasi

Bagi saya yang statusnya sebagai seorang mahasiswa ekstensi di fakultas MIPA kimia, mata kuliah TI ini cukup membantu saya dalam melaksanakan proses kegiatan belajar saya, baik pada mata kuliah TI itu sendiri maupun pada mata kuliah-mata kuliah yang lainya. Dengan pengetahuan dan ilmu yang saya peroleh dari hasil perkuliahan TI ini, saya sangat terbantu dalam hal komunikasi, baik itu komunikasi antara saya dengan dosen maupun dengan mahasiswa-mahasiswa yang lainya. Sehingga apabila saya sedang berada di tempat kerja (di offshore), saya masih bisa mengikuti dan juga mendapatkan informasi mengenai perkembangan perkuliahan baik itu mengenai materi ataupun tugas yang diberikan oleh dosen, maupun informasi-informasi yang lainya yang berhubungan dengan seputar perkuliahan. Karena untuk melakukan komunikasi tersebut bisa saya lakukan dengan cara memanfaatkan teknologi internet, misalnya melalui e-mail, chating, ataupun melalui facebook.
       
Menurut saya kalau seandainya semua perkuliahan di Unjani ini mengikuti cara perkuliahan seperti TI, yang dimana dalam memberikan materi kuliahnya kepada mahasiswa selalu menggunakan alat bantu laptot dan projektor, maka pasti kegiatan belajar mengajar pasti akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, baik itu bagi dosenya sendiri maupun bagi kami selaku mahasiswa, serta cara seperti ini pun saya rasakan cukup efektif untuk mengurangi tingkat kejenuhan dalam belajar.
       
Selain itu, saya pribadi juga merasakan kalau perkuliahan TI ini sangat besar manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari saya, misal salah satunya adalah manfaat dalam bidang sosial, karena perkuliahan TI ini menuntut saya untuk aktif dalam dunia facebook, dimana facebook itu sendiri adalah suatu wadah yang digunakan untuk memperluas jaringan dengan cara mengumpulkan dan memperoleh teman sebanyak-banyaknya. Maka dengan begitu, sayapun sekarang jadi memiliki banyak teman dan kenalan-kenalan di dunia maya dan tidak sedikit dari sekian banyak teman di dunia maya tersebut yang akhirnya menjadi teman di dunia nyata juga.
       
Selain saya dituntut untuk aktif di facebook, perkuliahan TI juga memberikan tugas kepada saya untuk membuat blog pribadi. Dimana dalam membuat blog ini dosen memberikan kebebasan kepada kami untuk mengisi blog tersebut sesuai selera dan keinginan mahasiswa masing-masing. Menurut saya ini adalah suatu kebijakan yang sangat positif yang diberikan oleh seorang dosen untuk mengasah kemampuan dan kreatifitas dari setiap mahasiswanya untuk dituangkan ke dalam blognya masing-masing. Dari pembuatan blog itu sendiri, saya yang awalnya tidak mempunyai bayangan samasekali tentang apa yang namanya blog itu, fungsinya untuk apa dan apa saja manfaat yang bisa kita ambil dari blog yang kita miliki tersebut. Maka dengan diberikanya tugas ini saya sedikit demi sedikit bisa memahami dan menguasai ilmu tentang blog tersebut. Dan ternyata apabila kita sudah menguasai ilmunya, kita bisa melakukan banyak hal dengan blog tersebut. Misalnya kita bisa memasang iklan untuk memasarkan suatu produk atau jasa secara gratis, kita juga bisa mendapatkan berita-berita terbaru setiap harinya baik itu dari dalam negeri ataupun luar negeri, serta blog juga bisa dijadikan sarana dalam menjalankan bisnis untuk menghasilkan uang sangat yang banyak, dan selain itu blog juga bisa kita jadikan sebagai wadah untuk menuangkan kreatifitas-kretifitas kita baik itu dalam bentuk tulisan, foto-foto ataupun dalam bentuk vidio.
       
Saya perhatikan, perkuliahan TI ini didalam memberikan tugas-tugasnya selalu melalui internet, baik itu melalui e-mail, facebook, ataupun blog. Cara seperti ini saya rasakan sangat efektif dan efisien serta sangat membantu saya dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugasnya tersebut. Karena bagi saya yang statusnya sebagai karyawan, apalagi tempat saya bekerja berada di lepas pantai dengan schedule saya bekerja dalam satu bulan yaitu 2 minggu kerja dan 2 minggu libur, sehingga absensi sayadalam masuk kuliah paling maksimal hanya 50% dari total absensi seharusnya dalam satu semester. Jadi dengan metode seperti ini kalau seandainya dosen memberikan tugas dan kebetulan saya sedang berada di tempat keja, maka saya masih bisa mengikuti dan mengerjakan serta mengumpulkan tugas yang diberikannya tersebut melaui internet, yaitu dengan cara dikirimkan melalui e-mail atau di masuakan ke dalam blog, karena kebetulan di tempat saya bekerja sekarang sudah ada jaringan internetnya.
       
Menurut saya, inilah cara yang semestinya dilakukan pada jaman modern sekarang ini, karena selain memudahkan mahasiswa dalam belajar dan mengerjakan tugas, para dosen pun saya rasa dengan cara seperti ini bisa lebih terbantu dan bisa lebih  memudahkan untuk lebih memaksimalkan lagi dalam hal mentransfer ilmu yang mereka miliki kepada para mehasiswanya. Karena para dosen dengan cara seperti ini tidak perlu repot-repot lagi untuk menulis dan menerangkan di papan tulis ataupun memberikan catatan-ctatan yang banyak kepada mahasiswanya, dan mahasiswanya pun bisa belajar lebih fokus lagi, karena tidak perlu membuat catatan-catatan pada saat dosen menerangkan, karena tanpa mencatatpun mahasiswa bisa mengkopi semua materi yang diberikan oleh dosen tersebut ke dalam sebuah memori (flash disk) sehingga mahasiswa bisa mempelajari dan mendalaminya lagi di rumahnya masing-masing. Dan dengan metode seperti ini juga mahasiswa akan selalu bisa mengikuti perkembangan jaman sehingga tidak akan ada lagi mahasiswa yang gagap terhadap tekhnologi atau lebih dikenal dengan istilah gaptek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar